Kegiatan

KUNJUNGAN KEHORMATAN TIM RECOFTC KE CN 010/021/025
2023-09-05     Gender dan Keadilan Ekologi
Di Perhutani Forestry Institute (PeFI), Madiun, Jawa Timur, Indonesia.

30 Agustus 2023 
LeSEHan News Network, Madiun. Kunjungan Sekretariat Explore pada Rabu, 30 Agustus 2023, ke Lembaga Studi Ekosistem Hutan (LeSEHan) sebagai Host Contract CN 010/021/025 di Madiun bertujuan untuk memperkenalkan program kepada mitra perwakilan Universitas di tingkat manajemen dan membahas potensi kolaborasi dan sinergi di tingkat internasional. Selain itu, sekretariat Explore memberikan dukungan kepada tim peneliti tentang masalah teknis dan manajemen administrasi dan keuangan hibah. Seperti yang kita ketahui, CN 010/021/025 adalah salah satu tim peneliti yang berhasil dipilih untuk menerima hibah untuk melaksanakan penelitian di Tahap 2.
 
Sekretariat Explore yang mengunjungi LeSEHan adalah Dr. Chandra Shekar Silori, Wakil Direktur Eksekutif dan anggota Explore PAC; Mr. Sirichai Saengcharnchai, Manajer Program Eksplorasi Interim; Ibu Warun Kmolpun, Explore Finance and Administration Officer, dan Ibu Reny Juita, Recoftc Indonesia Country Program. Perwakilan CN 010/021/025 diwakili oleh PI (Dr. Rahmanta Setiahadi), Co-PI Jawa Timur (Dr. Titik Kartika) dan Peneliti (Ibu Dian Pratiwi), serta Direktur LeSEHan beserta jajaran. Selain itu, peserta yang hadir berasal dari peneliti dan dosen dari Institut Kehutanan Perhutani (PeFI/Perhutani Forestry Institute), Madiun, Indonesia.
 
Suasana pertemuan dengan Sekretariat Explore berlangsung hangat, lancar, dan menginspirasi. Pada sesi pertama, pertemuan diawali dengan agenda seremonial dan dilanjutkan dengan pemaparan PI mengenai laporan narasi tahun ke-1. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi kedua dan klarifikasi dari tim Sekretariat Explore. Tanggapan tim Explore terhadap laporan Narasi 1 positif, dengan beberapa catatan penting. Sesi kedua diakhiri dengan penyampaian rangkuman hasil presentasi naratif laporan sebagai berikut:
  1. Pengalaman CN 010/021/025 dalam penelitian ini adalah belajar bersama dan menyadari bahwa perubahan dapat terjadi karena latar belakang kita yang berbeda. Perubahan ini meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kita akan pentingnya menciptakan ruang bagi komunitas subaltern sehingga suara mereka dapat didengar.
  2. PAR adalah proses investigasi yang berkelanjutan dan bergerak. Penelitian beralih ke tim penelitian dan subjek penelitian juga. Tim peneliti mengalami dinamika yang berfluktuasi dalam pendekatan / paradigma, metode, analisis, jadwal, dan hubungan pribadi antar subtim. Hanya melalui komitmen dan integritas yang kuat, kesalahpahaman dan solusi dapat diatasi. Siklus rencana-refleksi-rencana ulang membantu kita menghadapi dinamika tim selama kerja lapangan dan proses penulisan dan pelaporan.
  3. Komunikasi adalah alat penting dalam penelitian transdisipliner. Semua arah komunikasi penting dan elemen kunci dari soliditas tim kami.
  4. Tim CN 010/021/025 sekarang sedang mempertimbangkan strategi advokasi yang mengarah ke tahun kedua penelitian kami. Untuk agenda ini, kami membutuhkan dukungan Recoftc.
  5. Terdapat peluang kerjasama antara Recoftc, Universitas Merdeka Madiun, Perhutani Forest Institute (PeFI), dan LeSEHan dalam mengembangkan model transformasi Perhutanan Sosial melalui pelatihan dan kursus penguatan kapasitas kelembagaan kesatuan pengelolaan hutan.
  6. Manajemen proyek penelitian CN 010/021/025 oleh Host of Contract (LeSEHan) telah berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan pada tahun kedua, menekankan rentang mekanisme kontrol untuk anggota sub-tim.
Terima kasih telah mengunjungi Sekretariat Explore ke CN 010/021/025, dan berharap dapat menambah semangat dan energi untuk mendukung komitmen, soliditas, dan akuntabilitas proyek penelitian ini di tahun kedua. (RS)

Kegiatan
Agenda
01
Ags '23
Analisis Data dan Laporan Nara...
-
-
27
Jul '23
Lokakarya atau Diskusi Meja B...
10.00 - 13.00 wib
Balai Pertemuan Taman Kili-Kili
24
Jul '23
Lokakarya atau Workshop dengan...
10.00 - 13.00 wib
Balai Desa Kedungasri Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi
03
Jul '23
Diskusi Kelompok Terarah denga...
10.00 - 13.00
Desa Kedungasri Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi
Kontak Kami

Gedung Perhutani Forest Institute (PeFI) Sayap Selatan Lantai 2
Jl. Rimba Mulya No.11, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63117

 lesehan.org@gmail.com
Didukung Oleh