Kegiatan

Kunjungan Kerja Assisten Deputi Agro & Pariwisata Menko Bidang Perkonomian Untuk Melihat Potensi Porang di Saradan
2021-05-31     Pelatihan & Pendampingan
Madiun,News LeSEHan (30/5/2021) – Asisten Deputi Agro Farmasi dan Pariwisata Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian kunjungan kerja (Kunker) di wilayah kerja Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan. Dalam lawatannya Dida Garderi didampingi Kepala Bidang Riset dan Informasi Agro Farmasi dan Pariwisata Leny Rosilin dan Kepala Departemen Pengelolaan SDH dan Perhutanan Sosial Divre Jatim Achmad Basuki. (29/5)
Rombongan disambut oleh Administratur KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo bersama jajaran Pejabat Perhutani KPH Saradan, Ketua dan pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan  (LMDH) Pandan Asri Desa Klangon, Kepala Desa Klangon Didik Kuswandi dan beberapa tokoh masyarakat petani porang dibalai Desa Klangon.
Dalam kunjungannya Asisten Deputi Agro Farmasi dan Pariwisata Dida Garderi mengatakan,” Kegiatan ini merupakan upaya sinergitas guna mendapatkan manfaat ekonomi dari porang dengan tetap menjaga lingkungkan dan kelestarian hutan yang merupakan program pemerintah, kami mendapatkan tugas untuk mengembangkan usaha BUMN dalam riset dan inovasi salah satunya Perhutani dan porang sebuah inovasi, perlunya kerja keras bersama dalam meningkatan keberhasilan masyarakat dalam permodalan dan bantuan sarana dan prasarana,” kata Dida menjelaskan.
Di tempat yang sama Administratur KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo pada kesempatan tersebut juga menyampaikan,”Perhutani KPH Saradan dan LMDH Pandan Asri telah bekerjasama sejak lama dan banyak manfaat yang telah dirasakan masyarakat desa klangon salah satunya dari tanaman porang yang ada dikawasan hutan, hubungan harmonis dengan masyarakat telah terbangun dalam rangka menjaga lingkungan serta melestarikan hutan yang ada disekitarnya,” ujar Bambang Cahyo Purnomo.
Direktur Lesehan Hale Irfan Safrudi menyampaikan LMDH Pandan Asri Desa Klangon merupakan salah satu kelompok dampingan dari Lembaga Setudi Ekosistem Hutan (LeSEHan) dalam implementasi Program Perhutanan Sosial (PS). Porang adalah produk andalan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) LMDH Pandan Asri sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota LMDH dan masyarakat di Desa Klangon, dalam mendukung percepatan pelaksanaan dan peningkatan ekonomi masyarakat, Lesehan bersama dengan Perum Perhutani KPH Saradan telah menyusun RKU dan RKT dalam pelaksanaan program PS. Porang sebagai produk bernilai tinggi dan sebagai produk eksport, perlu adanya dukungan dari semua pihak dalam pengolahan pasca panen. Agar kedepan porang bukan dijual hanya sebagai bahan mentah atau setengah jadi, tetapi sudah dapat dijual sebagai produk siap konsumsi. . (News YMPI-JMT/)

Kegiatan
Agenda
24
Sep '19
Pengembangan Desain dan Metodo...
-
Kota Madiun
30
Sep '19
Pelatihan Tim Penilai untuk Pe...
-
Kota Madiun
08
Okt '19
Diskusi Kelompok Terarah terka...
-
Kota Surakarta (Solo)
10
Okt '19
Diskusi Kelompok Terarah terka...
-
Kab. Jepara
Kontak Kami

GEDUNG PUSDIKBANG SDM PERHUTANI SAYAP SELATAN LANTAI II
Jl. Rimba Mulya No.11, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63117

 lesehan.org@gmail.com
Didukung Oleh